Selasa, 10 September 2013

cara meningkatkan prestasi belajar

Cara Meningkatkan Prestasi Belajar
http://kameradroid.com/foto/2012/10/520_buku_amp_bolpoin.jpg
Hai teman-teman, pasti kalian merasa bosen tiap hari harus berhadapan dengan pelajaran yang tentunya bikin males kita untuk belajar. Ya memang sih, kita hidup itu dituntut untuk mencari ilmu. Tapi belajar juga akan terasa menyenangkan kalo ada tips dan triknya lho. Aku disini akan berbagi tips/cara meningkatkan semangat belajar kalian biar sukses saat menghadapi ulangan maupun ujian.
1.      Mengubah pola belajar
Faktor ini merupakan faktor dari dalam diri kita sendiri. Biasanya semangat belajar tiap orang sendiri-sendiri. Karena karakter tiap orang juga berbeda. Tapi sifat malas juga bisa diubah kok. Karena malas itu identik dengan yang namanya bad mood atau sering disebut perasaan gak enak atau gak semangat. Kita bisa mengubah perasaan tersebut menjadi menyenangkan dengan hal-hal yang positif. Seperti biasanya kita belajar cuma di dalam meja belajar dengan dengan suasana yang hening dan tak ada hiburan. Dengan mengubah pola belajar akan membuat belajar tidak membosankan. Misalkan kamu suka musik, ya mungkin dengan belajar sambil mendengarkan musik akan menjadikan tidak terlalu sepaneng. Tapi tetap konsen dengan yang dipelajari. Atau yang lebih trend untuk sekarang dengan metode belajar sambil bermain.
2.      Ketekunan dalam belajar
Belajar itu gak perlu lama-lama kok, karena yang penting dalam belajar itu yaitu tekun dan rajin. Untuk kamu yang belajarnya cuma pas mau ujian doang mending diubah deh. Karena belajar dengan tekanan kaya gitu akan membuat kita sendiri terbebani dan tidak bisa konsen dengan apa yang dipelajari. Mendingan tiap hari belajar dengan tempo waktu yang tidak terlalu lama tapi terus menerus daripada belajar 1 hari penuh dengan materi yang banyak dan otak pun menjadi terbebani. Fakta membuktikan bahwa orang yang pandai itu belajarnya tidak lama tapi rutin dan diulang terus menerus agar ilmu yang dipelajari tidak lupa dan akan terus diingat.
3.      Waktu dalam belajar
Buat kamu yang orangnya malas belajar bisa kok pake tips yang ini. Kamu gak perlu belajar di rumah dengan mulu-mulu asalkan kamu kalo di sekolah merhatiin apa yang sedang dijelaskan oleh gurumu. Tanyakan pada gurumu apa yang mungkin belum jelas, karena malu betanya itu sesat di jalan lho. Dan buat kamu yang orangnya susah untuk tidak pegang hp, sebaiknya kamu belajar pas waktu pagi hari. Karena di waktu tersebut kamu gak bakalan pegang hp karena gak bakalan ada orang yang sms kamu atau ngechat kamu pas pagi hari kan ? Pas waktu di pagi hari itu adalah waktu yang paling bagus buat kita untuk belajar karena pikiran kita masih segar sehabis bangun tidur. Dengan belajar di pagi hari materi yang kita baca tersebut akan mudah diingat dan gak perlu kita susah payah untuk menghafalnya.
4.      Motivasi dari orang tua
Ada gak sih yang orang tuanya menjanjikan sesuatu apabila kita mendapat juara kelas gitu? Tentu pasti ada lah. Karena dengan cara tersebut seseorang akan terpacu giat belajar untuk mendapatkan apa yang telah dijanjikan. Tapi kalo ada orang tua kalian yang mungkin ada gak ngasih sesuatu buat kalian. Jangan minder sama temen-temenmu, karena kamu bakalan akan mendapatkan yang lebih ketika kalian ntar udah menjadi orang yang sukses berkat ketekunan belajar kalian. Dan juga kita bisa bangga karena kita tidak harus merepotkan orangtua karena kita bisa membeli apa yang kita inginkan dengan usaha kita sendiri.
5.      Pacar (pemacu semangat belajar)
Untuk kalian pasti udah kenal yang namanya pacar. Tapi untuk pacaran jangan diambil segi negatifnya doang. Ada juga segi positifnya juga kok. Misalkan aja kalian pengen punya pacar dengan niat untuk meningkatkan prestasi belajar. Contohnya, kamu punya pacar yang udah cantik pandai juga pula. Nah, ketika kamu pas ulangan mendapat nilai yang lebih jelek dari pacarmu? Pasti kamu akan merasa malu kan, dan ada usaha kamu untuk mendapatkan nilai yang lebih bagus dari pacarmu. Itu juga akan menjadi ajang untuk mendapatkan nilai yang bagus dengan bersaing dengan pacar kamu. Dengan semangat tersebut kalian pasti akan terpacu untuk belajar lebih giat lagi dengan niat untuk mendapatkan nilai yang bagus sekaligus pujian dari pacar kalian.
Sekian tips yang mungkin saya bagikan untuk kalian. Itu hanyalah sebagian kecil dari usaha kalian untuk menjadi orang yang sukses. Semoga ulasan tips yang saya berikan untuk kalian bermanfaat dan bisa dipraktekkan. Terima kasih J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar